Institut Bisnis dan Multimedia asmi

Profesional Andal

  • image

Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) asmi merupakan pengembangan Institusi perguruan tinggi melalui suatu proses penggabungan 2(dua) Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG) yaitu STAdS asmi dan STIE Kampus Ungu. STAdS asmi merupakan Perguruan Tinggi hasil yang pada awalnya bernama Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (asmi) yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1962 dan menjadi STAdS asmi pada tahun 2000, sedangkan STIE Kampus Ungu yang pada awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) yang didirikan tahun 1983, dan pada tahun 1999 menjadi STIE Kampus Ungu.

Terhitung Mulai tahun 2010 penyelenggaraan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Badan penyelenggara Yayasan Lembaga Pendidikan Gideon (YLPG) yang saat ini dipimpin oleh Bapak Benny Tengker telah ditingkatkan pengembangannya menjadi suatu lembaga Pendidikan Tinggi yang lebih fleksibel dalam pengembangan program pendidikan dan peningkatan Jenjang programnya, yaitu menjadi suatu Institut dengan nama Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) asmi.

Sejarah Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Kampus Ungu berawal dari berdirinya dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen pada tanggal 31 Mei 1983 dan berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gedeon pada tahun 1993, dan pada tahun 1999 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kampus Ungu.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kampus Ungu menyelenggarakan dua program studi S1 dan satu program studi S2. Program studi S1 meliputi Program studi Manajemen dan Program studi Akuntansi, sedangkan program studi Manajemen dengan jenjang program S2 memperoleh ijin operasional penyelenggaraan dengan nomer 3190/D/T/2002 tanggal 22 Oktober 2002.

asmi mendapat status DIAKUI dari Dep. PTIP pada tangal 1 Juli 1965. Mendapat pengakuan dalam tiga tahun, adalah bukti kesungguhan dari pimpinan asmi mengelola lembaganya secara profesional penuh dedikasi. Pada tahun 1987 barulah asmi mendapat pengakuan status DISAMAKAN dari Pemerintah dengan Surat Keputusan Men. P dan K No. 0592/D/1987 jo No. 010/01/1990.

Dalam dekade kedua pertumbuhan asmi (1972-1982), tujuan pendidikan asmi seperti tersebut di atas sudah lebih terarah kepada profesionalitas jabatan Sekretaris dan tenaga ahli administrasi perkantoran yang memenuhi persyaratan tenaga pelayanan jasa informasi dikantor-kantor modern, dan pada tahun 1976 asmi menambah program pendidikan profesional yang dikenal dengan Mayoring Computer dan Mayoring Akuntansi ditingkat jenjang pendidikan Sarjana Muda (B.Sc.).

Secara fisik keberhasilan manajemen asmi ditandai dibangunnya Kampus Ungu di Jl. Pacuan Kuda 1-5, Pulo Mas, Jakarta Timur yang peresmiannya dilakukan oleh Ibu Negara R.I., Ibu Tien Soeharto pada tanggal 10 Desember tahun 1981.

Dalam dekade 1982-1992 Jurusan dan Program Studi juga berkembang sesuai tuntuntan dunia kerja. Pada awal didirikan, asmi mulai dengan Jurusan Administrasi Perkantoran dan Sekretaris. Sasaran pendidikan asmi amat sederhana di kala itu yaitu mendidik calon pegawai administrasi kantor dan Sekretaris pribadi yang bekerja dengan alat dan perlengkapan kantor sederhana.

Dalam dekade 1980-an asmi membuka dua jurusan masing-masing jurusan Sekretari dengan program Studi Sekretari; dan Jurusan Manajemen Administrasi dengan Konsentrasi Manajemen Perkantoran, akuntansi dan informatika. Lulusan asmi dipersiapkan sebagai calon manajer kantor dengan spesialisasi Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Komputer.

Program Sekretari dipersiapkan untuk mampu mengemban tugas Sekretaris Pribadi, Sekretaris Kantor dan Sekretaris Eksekutif. Dalam tahun akademik 1982-1983 asmi melaksanakan sistem pengajaran berdasarkan SKS dan sekaligus merelisasikan stratifikasi stuktur pengajaran dari pola Sarjana Muda menjadi Program Diploma.

Menetapkan tujuan pendidikannya untuk menghasilkan Warga Negara berkualifikasi sebagai berikut :

  • Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Ekonomi bidang Manajemen, Akuntansi dan sebagai Magister Manajemen.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir , bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, serta mampu melakukan penelitian terapan dalam wawasan keahlian manajemen dan akuntansi.
  • Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan keahliannya.
  • Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimiliki sesuai bidangnya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya.